Radio dan microwave..

Gelombang elektromagnetik atau yang sering disingkat GEM terjadi karena ada rambatan gelombang medan magnet dan gelombang medan listrik merambat saling tegak lurus.
Spektrum GEM, terdiri dari : gelombang Radio, gelombang Mikro, gelombang Infra merah, gelombang Cahaya Tampak, gelombang Ultra merah, gelombang sinar – X, gelombang Gamma.
Contoh – contoh yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik salah satunya adalah radio. Setiap harinya kita bisa mendengarkan suara penyiar radio dengan jelas, entah itu di rumah atau di dalam mobil sekalipun. Padahal kita tidak dekat dengan penyiar tersebut. Bagaimana itu bisa terjadi?
Nah. .Gelombang radio dikelompokkan menurut panjang gelombang atau frekuensinya. Jika panjang gelombang tinggi, maka pasti frekuensinya rendah atau sebaliknya. Frekuensi gelombang radio mulai dari 30 kHz ke atas dan dikelompokkan berdasarkan lebar frekuensinya. Gelombang radio dihasilkan oleh muatan-muatan listrik yang dipercepat melalui kawat-kawat penghantar. Muatan-muatan ini dibangkitkan oleh rangkaian elektronika yang disebut osilator. Gelombang radio ini dipancarkan dari antena dan diterima oleh antena pula. Kita tidak dapat mendengar radio secara langsung, tetapi penerima radio akan mengubah terlebih dahulu energi gelombang menjadi energi bunyi. Weww..canggih ;)
Selain itu, microwave yaitu alat yang biasa ‘mama’ pakai untuk memanaskan makanan juga memanfaatkan gelombang elektromagnetik. Microwaves atau gelombang-gelombang mikro dihasilkan oleh magnetron, yang cara kerjanya mirip dengan tabung TV. Suatu tegangan tinggi membangkitkan arus besar yang kemudian diubah menjadi microwaves. Microwaves ini diarahkan sepanjang penuntun gelombang yang berongga untuk masuk keseluruh ruang kompartemen. Microwaves dalam kompartmen dengan mudah masuk kedalam makanan. Energi microwaves menguncang molekul-molekul air dalam makanan sehingga molekul-molekul ini menjadi panas . dengan demikian energi panas dipindahkan dari molekul-molekul air ke molekul air disekitarnya sehingga menyebabkan makanan masak dari dalam bukan dari luar seperti pada oven konvensional.
Wahh..ternyata gelombang elektromagnetik membantu juga yahh. .^^

0 komentar: